RMOLJabar. Sebanyak Calon Legislatif (Caleg) Terpilih hasil Pemilu 2019 ditetapkan KPU Kota Cirebon. Penetapan disampaikan melalui Rapat Pleno Terbuka.

Dalam acara bertajuk ‘Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Cirebon pada Pemilihan Umum Tahun 2019’, ditetapkan pula perolehan kursi masing-masing Parpol.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Cirebon Didi Nursidi mengatakan Rapat Pleno Terbuka kali ini merupakan rangkaian akhir dari tahapan kepemiluan pada Pemilu 2019.

“Lama rangkaian kepemiluan telah dijalani. Tentu ini tahapan akhir dari kepemiluan,” ucap Didi Nursidi didampingi keempat Komisioner lainnya di Hotel Santika, Sabtu (20/7).

Dia juga mengatakan, jika ditinjau ketentuan PKPU penetapan caleg untuk tingkat Kota Cirebon alami pengunduran waktu (keterlambatan) dari jadwal sesungguhnya.

Hal itu, kata Dia, lantaran dalam perjalanannya terjadi dinamika dimana ada beberapa Caleg tingkat Pusat (DPR RI) yang mengajukan gugatan. Namun, persengketaan sudah masuk dalam jadwal sidang MK.

“Disidangkan pada hari Senin esok di MK,” ujarnya.

Masih kata Didi, penetapan Caleg Terpilih DPRD Kota Cirebon merupakan hasil keputusan KPU RI yang sebelumnya diajukan KPU Kota Cirebon sesuai hasil pleno di tingkat kota Cirebon.

Sebelumnya, berkas penetapan itu masuk dalam ajuan dan kajian di Mahkamah Konstitusi dan berita keputusannya diterima per tanggal 1 Juli 2019 hingga pada akhirnya ditetapkan KPU RI per tanggal 17 Juli 2019.

“Dengan surat tersebut maka KPU Kota Cirebon melangkah ke kegiatan hari ini,” terangnya.

Selanjutnya, Didi mengimbau kepada Parpol peserta pemilu 2019 dan Caleg Terpilih periode 2019-2024 yang ditetapkan berdasarkan Rapat Pleno Terbuka, untuk segera menyelesaikan dan melengkapi persyaratan administratif.

“Sekaligus disertai rangkaian aspek administratif,” pungkasnya.

Pantauan Kantor Berita RMOLJabar, turut hadir menyaksikan jalannya Rapat Pleno Terbuka, Walikota Cirebon (Nashrudin Azis), Ketua DPRD (Edi Suripno), Ketua Bawaslu (Moh Joharudin), Pimpinan Parpol, Saks-Saksi unsur Parpol, Caleg Terpilih, dan pihak-pihak terkait.

Hingga berita ini ditulis, persidangan masih berjalan dan mendapatkan pengamanan dari Aparat TNI dan Kepolisian. [yud]



Artikel ini dikopi dari sumber yang dapat dikunjungi disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.