H. Yuhasmin, M.Si bersama Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin (Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – H. Yuhasmin, M.Si, mantan birokrat yang aktif di dunia bisnis bersama keluarga kini menyatakan kesiapannya untuk maju mencalonkan diri sebagai bakal calon Bupati Dompu periode 2021 – 2026. Melanjutkan kepemimpinan Drs. H. Bambang M. Yasin (HBY) untuk lebih memajukan masyarakat Dompu menjadi komitmennya.

Terlebih selama pemilihan legislatif 17 April 2019 lalu, ia cukup aktif keliling Kabupaten Dompu mendampingi pencalonan anak tunggalnya Ika Rizky Veryani atau biasa disapa Chika yang maju menjadi Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Provinsi dapil Dompu, Bima dan Kota Bima melalui PAN. Banyak harapan yang muncul dari tokoh – tokoh masyarakat selama dirinya bersilaturrahmi dari kampung ke kampung di Dompu.

Terlebih Drs. H. Bambang M. Yasin tidak bisa lagi mencalonkan diri sebagai Bupati, karena sudah dua periode. “Ada sebagian masyarakat yang saya temui memberikan suport (kepada saya untuk maju mencalonkan diri sebagai Bupati),” aku H. Yuhasmin, MSi saat ditemui di kediamannya kemarin.

H. Yuhasmin yang lahir di Kandai Dua pada 31 Desember 1960 dari pasangan Ismail Jafar dan Bonde memiliki kedekatan dengan Drs H Bambang M Yasin. Selain atasan dan bawahan di birokrasi pemerintah Kabupaten Dompu, H. Yuhasmin merupakan kakak sepupu dari Drs H Bambang M Yasin. Ismail Jafar, ayah H. Yuhasmin bersaudara kandung dengan M Yasin, bapak kandung H Bambang.
Kesuksesan H. Bambang maju mencalonkan diri sebagai Bupati Dompu dua periode tidak lepas dari tangan dinginnya. H. Yuhasmin yang diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Sumbawa tahun 1996 akhirnya pindah ke Dompu setelah ikut mengantarkan H. Bambang sebagai Bupati atas dukungan warga.

Kesibukannya berorganisasi dan menggelar berbagai event khususnya trail adventure, H. Yuhasmin yang tergabung di Perbakin Dompu ini semakin mendorongnya untuk bisa berbuat lebih bagi kemajuan Dompu.

Hilirisasi dan pemberian nilai tambah terhadap jagung sebagai program unggulan daerah salah satu pikirannya untuk lebih memajukan daerah. Program ini tidak hanya mensejahterakan masyarakat, tapi akan menjadikan Dompu lebih maju. “Ini sudah dicanangkan Bupati Dompu dan saya ingin memastikan ini bisa berjalan. Keberadaan pelabuhan Nusantara di Kilo juga menjadi bagian dari program ini,” ungkapnya.

Ia pun menyadari tingginya kasus perambahan hutan dan bisa mengancam kerusakan lingkungan di masa mendatang.

Pemberian nilai tambah dan peningkatan produksi jadi solusi agar warga tidak terus memperluas perladangan. Termasuk mensuport program kemitraan dan hutan kemasyarakatan, sehingga masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari hutan dengan tetap menjaga kelestariannya.

Keinginan untuk maju mencalonkan diri sebagai calon Bupati Dompu ini tidak hanya dengan mengenalkan diri pada masyarakat, tapi komunikasi juga terus dibangun dengan partai politik (Parpol). Karena dukungan partai politik sangat penting selain masyarakat selaku pemilih. “Untuk maju sebagai kepala daerah, tidak hanya bicara soal pendanaan, tapi juga soal dukungan yang paling utama. Dukungan itu lahir dari kemampuan dan program yang ditawarkan,” ungkapnya.

Mantan Ketua KONI Dompu ini menyadari, menjelang Pilkada 2020 mendatang ini sudah banyak tokoh bermunculan, bahkan dari kalangan keluarga juga ada yang siap maju dan mulai mensosialisasikan diri. Tapi Yuhasmin merasa lebih optimis bisa bersaing untuk melahirkan masyarakat Dompu yang sejahtera dan maju di masa akan datang. Terlebih dirinya sudah lama berkecimpung dan bersosialisasi dengan masyarakat Dompu saat menjabat di Pemda Dompu hingga 31 Desember 2018 lalu dan membesarkan usaha keluarga di bidang jual beli motor, SPBU dan lainnya. (ula/*)



Artikel ini dikopi dari sumber yang dapat dikunjungi disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.