Polres Metro Jakarta Utara menetapkan Asteria Fitriani sebagai tersangka atas tindakannya mengunggah ajakan di media sosial untuk tidak memasang foto Presiden dan Wakil Presiden.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan ada alasan tersendiri di balik unggahan yang membuat Asteria menjadi tersangka ujaran kebencian terkait statusnya di facebook.

Menurut Budhi, statusnya itu akibat terpengaruh lingkungan di sekitarnya usai Pemilu 2019. Ibu lima orang anak itu tidak bijak dan tidak mampu mengontrol diri sehingga keluar unggahan tersebut.

“Yang bersangkutan terperngaruh dengan lingkungan sekitar, terutama kondisi pasca-Pemilu. Dia masih terbawa emosi, sehingga belum bisa menahan dirinya, sehingga melakukan posting tersebut,” ucap Budhi, Kamis (11/7/2019).

Budhi mengimbau kepada warga supaya bijak dalam menggunakan media sosial. Jangan sampai hanya karena persoalan unggahan semacam ini justru membuat warga tersandung masalah hukum.

“Bijaklah dalam menggunakan medsos. Tersangka mengakui dia tidak bijak dalam menggunakan medsos dan tidak dipikirkan lebih lanjut dampak yang dia perbuat,” katanya.

Pada saat penangkapan yang terjadi di tempatnya mengajar les pada Selasa (9/7/2019) lalu, Polisi juga ikut menyita barang bukti berupa handphone serta tangkapan layar unggahan status facebook Asteria.

Selanjutnya barang bukti itu akan dijadikan modal bagi polisi untuk mendalami apakah tersangka pernah menyebarkan unggahan bernada ujaran kebencian lainnya.

“Nanti akan kita dalami, dari keterangan pelaku maupun dari media sosialnya,” sambung Budhi.

Sementara Asteria langsung dikenakan penahanan dan tidak bisa ditangguhkan karena ancaman hukumannya yang diatas lima tahun penjara. “Saat tersangka ditangkap hari Rabu, ini sudah 1×24 jam, sudah masuk penahanan,” katanya.

Asteria Fitriani posting usulan tak pasang foto Presiden dan Wapres di sekolah
Asteria Fitriani posting usulan tak pasang foto Presiden dan Wapres di sekolah (facebook)



Artikel ini dikopi dari sumber yang dapat dikunjungi disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.