MENGANTUK. Salah seorang calon jamaah haji nampak tertidur saat prosesi pelepasan di Bumi Perkemahan Pamugaran Jumat (19/7). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya
MENGANTUK. Salah seorang calon jamaah haji nampak tertidur saat prosesi pelepasan di Bumi Perkemahan Pamugaran Jumat (19/7). Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya

PANGANDARAN – Pemerintah Kabupaten Pangandaran telah melakukan verifikasi kebutuhan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Ketua Tim Verifikasi Anggaran Pilkada 2020 Solih Ap mengatakan verifikasi anggaran sudah dilakukan, tinggal menunggu persetujuan dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

”Nanti TAPD langsung ditujukan ke Bupati Pangandaran, tetapi secara lisan bupati sudah menyatakan bahwa anggaran sudah disiapkan,” jelasnya kepada Radar, Jumat (19/7).

KPU Pangandaran sendiri, kata dia, mengajukan anggaran sebesar Rp 41 miliar lebih dan Bawaslu kurang lebih Rp 11 miliar, setelah diverifikasi ketersediaan anggaran untuk KPU sekitar Rp 30 miliar dan Bawaslu Rp 10 miliar. ”Itu hanya sementara, jadi belum pasti sebesar itu,” terangnya.

Keseluruhan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada termasuk desk Pilkada, keamanan dan lain-lain mencapai sekitar Rp 50 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Pangandaran.

”Bila dihitung dengan jumlah pemilih, maka biaya untuk per pemilih mencapai Rp 183 ribu, tapi belum fiks ya,” jelasnya.

Setelah Bupati Pangandaran menyetujui, sambung dia, maka akan diturunkan disposisi untuk Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). ”NPHD wajib ditandatangani pada 1 Oktober,” kata dia.

Pihaknya belum memastikan apakah pencairan akan dilakukan single years atau multi years. ”Kami masih menunggu Permendagrinya, tapi kita mengharapkan single years karena Pemkab sendiri membutuhkan pembiayan yang riil di bulan tersebut,” jelasnya.

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata mengatakan bahwa anggaran yang disediakan memang mencapai Rp 50 miliar. ”Ya semuanya pasti terakomodir, untuk kebutuhan pengamanan dan juga penyelenggara pemilu,” tuturnya. (den)



Artikel ini dikopi dari sumber yang dapat dikunjungi disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.