Liputan6.com, Bengkulu – Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Bengkulu menggelar Paripurna Istimewa Pemilihan Wakil Gubernur Bengkulu sisa masa jabatan 2016-2021 pada Selasa 13 Agustus 2019. Politikus dari Partai Nasdem Deddy Ermansyah menang telak dari lawannya, ketua DPD Partai Hanura Muslihan DS.

Deddy berhasil merebut 33 dari 44 suara anggota DPRD Provinsi Bengkulu, sementara Muslihan hanya mampu meraih 11 suara. Deddy yang juga tercatat sebangai anggota DPRD ini beberapa hari sebelum pemilihan mengundurkan diri dari anggota dewan. Artinya dari 45 anggota DPRD hanya 44 anggota yang berhak memilih.

Ketua panitia pemilihan wakil gubernur Bengkulu Khairul Anwar mengatakan, berdasarkan tata tertib dan proses yang dilakukan sudah sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dan Undang-undang yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sudah sesuai aturan dan tata tertib yang disusun,” tegas Khairul di Bengkulu, Selasa (13/8/2019).

Rapat paripurna yang dijadwalkan pukul 10.30 WIB itu sempat molor setengah jam. Pada, pukul 11.00 WIB, ketua DPRD Ikhsan Fajri bersama tiga orang wakil ketua baru memasuki ruang sidang utama. Draft tata tertib pemilihan yang disusun panitia beserta persyaratan kandidat yang disetujui sehari sebelum pemilihan berlangsung cepat.

Dua orang kandidat yang diusulkan partai pengusung, Deddy Ermasnyah dari Nasdem dan Muslihan DS dari Hanura kompak memasuki ruang sidang mengenakan setelan jas warna hitam dan kemeja putih.

Sempat terjadi skor sidang selama 20 menit untuk memberikan kesempatan kedua kandidat untuk melakukan musyawarah mufakat. Karena tidak tercapai kesepakatan, maka sidang dilanjutkan dengan pemilihan melalui voting tertutup. Hasilnya, Deddy mengantongi 33 suara dan menang telak dari Muslihan yang hanya mampu merebut 11 suara anggota dewan.

“Alhamdulilah prosesnya berjalan dengan baik,” tukas ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Nasdem Bengkulu Tantawi Dali.



Baca selengkapnya: https://www.liputan6.com/regional/read/4036784/8-bulan-kosong-jabatan-wagub-bengkulu-kembali-terisi?utm_source=lpfeed&utm_medium=lpfeed&utm_campaign=rss

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.