Liputan6.com, Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiaman mengatakan, pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk wilayah terdampak bencana di Palu, Donggala, dan Sigi, Sulawesi Tengah akan dimulai pada Januari 2019.

Arief mengharapkan seluruh daerah kecuali tiga daerah tersebut, dapat menuntaskan pemutakhiran data dan rekapitulasi DPT sehingga dapat ditetapkan KPU secara nasional pada 16 Desember 2018.

“Semua daerah kecuali tiga daerah itu memang meminta kita memberi kesempatan sampai dengan Januari,” ujar Arief, seperti dilansir Antara, Jumat (7/12/2018).

Ia mengatakan, pada Januari 2019 itu rumah-rumah hunian sementara diperkirakan sudah jadi sehingga para pengungsi lebih tertata.

“Nah itu bisa dilakukan pendataan lebih rapi,” ucapnya.

Menurut Arief, pihaknya berharap pada 16 Desember 2018 dapat menetapkan DPT dalam rapat rekapitulasi tingkat nasional.

Saat ini, kata dia, pihaknya masih menunggu laporan dari kabupaten/kota yang dijadwalkan selesai sampai 10 Desember 2018.

“Kemudian rapat pleno rekapitulasi tingkat provinsi 12 Desember 2018 dan dibawa dalam rekapitulasi tingkat nasional pada 16 Desember 2018,” papar Arief.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Rapat yang diselenggarakan di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Sabtu pagi ini, dihadiri antara lain Ketua KPU Arief Budiman dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo serta 3.500 peserta.



Baca selengkapnya: https://www.liputan6.com/pileg/read/3801272/kpu-dpt-daerah-terdampak-bencana-palu-rampung-januari-2019?utm_source=lpfeed&utm_medium=lpfeed&utm_campaign=rss

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.