Liputan6.com, Jakarta – Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Johnny G Plate menjelaskan soal laporan dana kampanye yang dipublikasikan Indonesia Corruption Watch (ICW) sebagai masukan untuk KPU. Dia menghargai masukan dari ICW.

“ICW sebagai masukan bagus-bagus saja, tapi ICW bukan akuntan yang sah ditunjuk KPU,” kata Johnny kepada Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (12/1/2019).

Lagipula, laporan dana kampanye yang dijadikan acuan ICW belum final. Angka-angka itu merupakan data sementara. TKN Jokowi-Ma’ruf Amin masih terus melengkapi dan memperbaiki laporan tersebut.

Jika laporan sudah lengkap, lanjut dia, maka KPU akan menunjuk akuntan yang akan memeriksa dana pemilu tersebut. “Itulah akuntan yang sah,” kata Johnny.

Namun, Johnny tak bisa memastikan jika data yang dipublikasikan ICW benar atau salah. “Saya tidak menafsirkan apakah ICW benar atau salah. Itu informasi nanti akuntan akan periksa,” ucap Johnny.

Sementara terkait sumbangan dana yang diberikan oleh klub golfer, dia menilai hal tersebut tak melanggar aturan KPU.

“Itu tidak melanggar PKPU, semua sudah sesuai aturan,” tandas Johnny.

Data yang dipublikasikan ICW menunjukkan perkumpulan golfer menjadi penyumbang dana dari pihak ketiga terbesar dengan total Rp 19 miliar dari 112 transaksi untuk kampanye Jokowi-Ma’ruf.

Soal maksimal suntikan dana, KPU menetapkan untuk Badan Hukum Usaha atau corporate menyumbang paling banyak Rp 25 miliar. Sedangkan untuk perseorangan sebanyak Rp 2,5 miliar.

ICW menduga, perkumpulan golfer bisa saja merupakan wadah dana bagi perorangan.

“Siapa penyumbang atau dari mana asal dana kelompok Perkumpulan Golfer. Apabila perseorangan, mengapa tidak dilaporkan sebagai sumbangan perseorangan? Apabila perusahaan, mengapa tidak dilapokan atas nama perusahaan?” ujar Peneliti Hukum pada Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan ICW, Donal Fariz.



Baca selengkapnya: https://www.liputan6.com/pilpres/read/3869229/penjelasan-wakil-ketua-tkn-jokowi-maruf-soal-dana-kampanye-di-temuan-icw?utm_source=lpfeed&utm_medium=lpfeed&utm_campaign=rss

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.