JAKARTA‎ – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta menjadwalkan sidang perdana terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi untuk terdakwa anggota komisi VI DPR RI fraksi Golkar non-aktif, Bowo Sidik Pangarso, pada hari ini, Rabu (14/8/2019).

Bowo Sidik akan disidang bersama dengan anak buahnya yang merupakan pegawai PT Inersia, Indung. Agenda sidang perdana yang digelar hari ini yakni pembacaan surat dakwaan untuk Bowo Sidik Pangarso dan Indung oleh tim Jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Sesuai agenda dari pihak Pengadilan, direncanakan persidangan perdana akan dilakukan Rabu, 14 Agustus 2018. JPU KPK akan membacakan dakwaan dugaan suap dan gratifikasi terhadap yang bersangkutan,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah melalui pesan singkatnya, Rabu (14/8/2019).

Bowo Sidik

Bowo Sidik Pangarso dan Indung dijerat bersama-sama dalam kasus dugaan suap terkait kerjasama di bidang pelayaran yang menggunakan kapal milik PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK).

Baca Juga: JPU Tolak Permohonan Penyuap Bowo Sidik Jadi Justice Collaborator

Dalam perkara ini, Bowo Sidik diduga meminta fee kepada PT Humpuss Transportasi Kimia atas biaya angkut yang diterima sejumlah USD2 per metric ton. Diduga, Bowo Sidik telah menerima tujuh kali hadiah atau suap dari PT Humpuss.

Bowo Sidik diduga‎ bukan hanya menerima suap dari PT Humpuss, tapi juga dari pengusaha lainnya. Total, uang suap dan gratifikasi yang diterima Bowo Sidik dari PT Humpuss maupun pihak lainnya yakni sekira Rp8 miliar. Uang tersebut dikumpulkan Bowo untuk melakukan serangan fajar di Pemilu 2019.

(aky)



Baca selengkapnya: https://nasional.okezone.com/read/2019/08/14/337/2091618/bowo-sidik-pangarso-hadapi-sidang-perdananya-terkait-suap-dan-gratifikasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.