JAKARTA – Sudirman Said, direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, menyebut pihaknya akan meminta perlindungan terhadap saksinya di sidang sengketa hasil Pilres 2019 yang berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK). Apalagi dalam sidang itu rentan tekanan terhadap saksi.

“Selalu saja saksi sengketa pemilu itu alami potensi tekanan, potensi hambatan,” kata Sudirman ketika berada di kediaman cawapres 02 Sandiaga Uno, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (14/6/2019).

(Baca juga: Sidang Sengketa Pilpres, Mardani Minta Percayakan ke MK)

Lebih jauh ia menceritakan pengalamannya saat mengarungi kontestasi Pilkada Jawa Tengah 2018. Ada saksi yang enggan memberikan keterangan lantaran mendapat tekanan dari pihak tertentu.

Oleh karena itu, Sudirman menegaskan perlindungan saksi dalam sengketa pilpres di MK sangat diperlukan.

Sidang MK. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

“Kita ingin kepada para relawan, orang-orang, dan saksi yang sudah bersedia berkorban menempuh risiko itu harus dilindungi sebaik-baiknya. Kita akan mintakan perlindungan supaya proses ini berjalan sebaik-baiknya,” tegas Sudirman.

(Baca juga: BPN Siapkan Kejutan yang Wow di Sidang MK Berikutnya)

Di saat bersamaan Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak, menilai Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) bisa mengakomodasi permintaan kuasa hukum BPN guna memberikan perlindungan terhadap saksi yang akan dihadirkan di sidang MK.

“Yang jelas LPSK bisa ambil alih permintaan dari kuasa hukum kami, Prabowo dan Sandi, karena banyak kasus, apalagi ini high case dalam konteks politik,” kata Dahnil.

“Ada tekanan dan macam-macam yang mungkin bisa terjadi dan kekhawatiran saksi wajar dan kepentingan kuasa hukum memastikan saksi kami tetap nyaman bersaksi, karena itu kita butuh supporting sistem untuk saksi dari negara,” tuturnya.

(han)




Baca selengkapnya: https://news.okezone.com/read/2019/06/15/605/2066661/bpn-minta-perlindungan-saksi-sidang-sengketa-pilpres-karena-rawan-tekanan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.