VIVA – Proses hitung cepat (quick count) Pemilihan Presiden 2019 sudah berlangsung sejak pukul 15.00 WIB. Di laman VIVA bekerja sama dengan empat lembaga yang menayangkan proses penghitungan suara tersebut, di antaranya Media Survei Nasional, Lembaga Survei Kedai Kopi, Indikator, dan Poltracking.

Meski suara yang masuk belum 100 persen, dari keempat hasil hitung cepat dapat disaksikan bahwa pasangan Capres-Cawapres 01, Jokowi-Ma’ruf Amin, unggul dibanding Prabowo-Sandiaga Uno.

Rupanya warganet tak perlu waktu lama untuk merespons hasil yang berujung pada kesimpulan mereka terhadap kemenangan Jokowi. Hal itu terlihat dari tagar #JokoWinElection yang membanjiri Twitter. Umumnya tagar itu disertai ekspresi suka cita dan mengunggah atribut bukti kemenangan, mulai dari hasil penghitungan surat suara, hingga tangkapan layar survei hitung cepat.

Tagar kemenangan Jokowi dan Prabowo pada Pilpres 2019

Hingga berita ini diturunkan, menurut Poltracking, total suara yang masuk telah mencapai 60 persen, dengan Jokowi-Ma’ruf 55,92 persen dan Prabowo-Sandi 44.08 persen.

Akan tetapi, bukan hanya Jokowi yang mendapat tagar klaim kemenangan. Selain #JokoWinElection, juga ada tagar kemenangan untuk Prabowo #TheVictoryofPrabowo. Menariknya, tagar untuk Prabowo tersebut justru lebih unggul dengan telah dicuitkan sebanyak 254 ribu kali tweet, sedangkan #JokoWinElection berada di angka 142 ribu kali cuitan. (ase)



Baca selengkapnya: https://www.viva.co.id/digital/digilife/1140730-jokowi-unggul-versi-quick-count-twitter-sudah-banjir-jokowinelection

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.