VIVA – Sidang gugatan hasil pemilihan presiden yang sedang digelar oleh Mahkamah Konstitusi ternyata menarik perhatian publik. Sidang kedua dengan agenda mendengarkan saksi-saksi digelar secara maraton, sejak Rabu pagi, 19 Juni 2019 hingga Kamis subuh, 20 Juni 2019. Sidang sempat diskors, lalu dilanjutkan kembali di hari yang sama, mulai pukul 13.00 WIB.

Sepanjang sidang gugatan pilpres berjalan di Mahkamah Konstitusi, berita terpopuler di VIVA pada Kamis, 20 Juni 2019 adalah berita-berita tentang sidang MK. Salah satu berita dengan judul “Saksi 02 Ungkap Peran Moeldoko Hingga Ganjar Pranowo,” sempat berada di posisi tertinggi berita terpopuler sepanjang Kamis, sejak pagi hingga sore hari. 

Jelang malam, berita soal Saksi 02 itu mulai tergeser oleh berita tentang Rais Aam NU yang mengaku rumahnya diobok-obok oleh Paspampres Jokowi. Berita ini sempat bertengger di berita terpopuler kedua, dan akhirnya pelan-pelan menyisihkan berita tentang sidang MK. 

Kiai Miftachul Akhyar, Rais Aam Nahdlatul Ulama Miftahus Sunnah, Kota Surabaya, Jawa Timur merelakan rumahnya diobok-obok oleh Paspampres. Beliau akan melangsungkan pernikahan anaknya, dan Presiden Jokowi dijadwalkan hadir dalam pernikahan tersebut. Itu sebabnya Paspampres membedah rumah pak Kyai. 

Berita berikutnya yang paling banyak dibaca oleh pembaca VIVA adalah tentang tenggelamnya kapal di Sumenep. Hingga Kamis, 20 Juni 2019, korban kapal tenggelam itu sudah mencapai 21 orang.

Dua berita lainnya, selain berita soal sidang gugatan pilpres di MK adalah berita dari kanal otomotif dan digital. Setelah lama menguasai pasar mobil MPV di Indonesia, Avanza dan Xenia harus bersiap menghadapi pesaing baru. Mobil keluarga besutan Renault, perusahaan otomotif dari Prancis siap beradu di Indonesia. Sedangkan dari kanal tekno dan digital, lautan es di Greenland yang meleleh secara tak lazim dikabarkan bisa membuat khalayak menderita. 

Berikut berita-berita yang menjadi pilihan pembaca VIVA pada Kamis, 20 Juni 2019:

1. Rais Aam NU Mengaku Rumahnya Diobok-obok Paspampres Jokowi
Pernikahan anak Rais Aam NU, yang juga pemimpin pondok pesantren Miftahul Sunnah, Kiai Miftachul Achyar akan dihadiri oleh Presiden Jokowi. Akibatnya, beliau rela rumahnya diobok-obok oleh Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres) demi keamanan Presiden RI tersebut. Bagaimana Paspampres mengobok-obok rumah beliau? Pembaca bisa langsung meluncur ke link ini.

Presiden Joko Widodo menghadiri akad nikah putri Rais Aam NU di Surabaya.

2. Saksi 02 Ungkap Peran Moeldoko Hingga Ganjar Pranowo
Persidangan gugatan pemilihan presiden di Mahkamah Konstitusi yang terus berlangsung hingga subuh diwarnai berbagai kesaksian. Salah satunya adalah pengakuan dari saksi tim hukum Prabowo-Sandi, Hairul Anas, menyebut nama dari Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal (Purn) Moeldoko, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di persidangan sengketa Pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis dini hari, 20 Juni 2019. Apa saja yang diungkap oleh Hairul Anas? Anda bisa membacanya di link ini.

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman (tengah) didampingi Hakim Konstitusi (dari kiri) Suhartoyo, Aswanto, Saldi Isra dan I Dewa Gede Palguna saat memimpin sidang putusan perkara pengujian Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum

3. Jasad Ditemukan Lagi, Korban Tewas Kapal Karam di Sumenep 21 Orang
Sebuah kapal diberitakan karam di perairan Sumenep. Hingga Kamis, 20 Juni 2019, sudah 21 jasad ditemukan. Berapa banyak korbannya? Dan apa penyebab kapal tersebut karam? Pembaca bisa mencari tahu melalui link ini.

Petugas Basarnas Surabaya mencari korban KM Gerbang Samudra I yang terbakar di perairan laut sekitar Pulau Karang Jamuang, Jawa Timur

4. Muncul Pesaing Avanza-Xenia, Harganya Setara LCGC
Kenyamanan Avanza dan Xenia sebagai mobil MPV di Indonesia selama bertahun-tahun akan terusik. Renault, sebuah perusahaan mobil asal Prancis meluncurkan mobil dengan kategori sejenis di India. Harganya setara dengan mobil berjenis LCGC. Renault mengambil ancang-ancang untuk memasarkan juga di Indonesia. Anda berminat? Silakan pelajari spesifikasinya melalui link ini.

Renault Triber

5. Lautan Es Greenland Meleleh Secara Tak Lazim, Khalayak Bisa Menderita
Pekan lalu, suhu di wilayah beku Greenland naik drastis hingga melampaui taraf normal yang menyebabkan setengah dari permukaan es meleleh. Akibatnya, lautan beku yang mengelilingi kawasan itu meleleh. Apa dampaknya bagi khalayak yang berada di sekitar perairan? Anda bisa mengikuti beritanya di sini. (ase)

Gletser Jakobshavn Greenland



Baca selengkapnya: https://www.viva.co.id/roundup/1158678-saksi-mk-rumah-kiai-diobok-obok-paspampres-dan-hadirnya-mpv-baru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.