VIVA – Beberapa waktu belakangan isu soal polusi cukup membuat khawatir masyarakat Jakarta. Bagaimana tidak, menurut data AirVisual, Jakarta tiba-tiba muncul di urutan pertama kota terpolusi sedunia pada Senin 29 Juli 2019 lalu. Indeks kadar polusi dalam udara saat itu tercatat mencapai 183 atau dalam kategori tidak sehat.

Kondisi itu jelas bikin masyarakat ketar ketir, nyatanya hingga hari ini Rabu 14 Agustus 2019, isu seputar polusi udara menduduki peringkat 1 berita terpopuler VIVA.

Kali ini soal mantan Gubernur Jakarta Sutiyoso atau dikenal dengan Bang Yos yang melontarkan komentar pedas untuk Anies Baswedan. Ia mengatakan kalau Anies terlalu lembek membuat kebijakan menekan polusi udara. 

Di posisi ke dua, yang tak kalah dicari netizen adalah soal penyataan Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang juga bikin deg-degan. Pasalnya di musim kemarau seperti sekarang ini, BMKG malah mengeluarkan pernyataan bahwa ada 9 daerah di Indonesia yang bakal diguyur hujan lebat.

Lalu di posisi ketiga, ada informasi yang menarik banget soal gajah. Dari kanal Saintek ada soal mekanisme tubuh gajah yang bisa menolak kanker dengan cara alami. Wow banget kan, padahal kita semua tahu kalau kanker itu salah satu jenis penyakit yang kronis. 

Nah, dua berita tervaforit lain yang enggak kalah menarik, yaitu soal Haji Lulung dan juga soal gosip panas hubungan komedian Sule dan kekasihnya Naomi Zaskia. Hmm, gimana ya pendapat Rizky Febian soal itu? Penasaran sama berita lengkapnya, yuk lihat rangkuman VIVA berikut ini.

1. Bang Yos Kritik Pembangunan Trotoar Anies, Pemda DKI Lembek

Sutiyoso.

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso mengatakan, kebijakan gubernur saat ini, Anies Baswedan sudah tepat. Hal itu, terlihat dari upaya menekan polusi dan kemacetan.

“Harus saya katakan masalah polusi itu dari zaman saya. Waktu itu, kita nomor tiga terburuk di dunia di bawah Meksiko dan Bangkok,” kata pria yang akrab disapa Bang Yos di ILC, Selasa malam, 13 Agustus 2019.

Atas dasar itu, ia melakukan studi banding ke beberapa negara untuk mencari solusi. Salah satu usaha yang dilakukan adalah ke Bogota.

“Three in one. Busway itu saya bawa dari Bogota. Tapi saat itu, belum bisa diterapkan, karena kendaraan publik belum banyak,” ucapnya.

Baca selengkapnya di sini. 

2. BMKG Sebut Sembilan Daerah Bakal Diguyur Hujan Lebat

Petugas BMKG saat mengamati data pergerakan gempa.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengidentifikasi adanya potensi hujan lebat dalam tiga hari ke depan (13–15 Agustus 2019) di beberapa wilayah Indonesia.

Kasubag Hubungan Pers dan Media, Dwi Rini Endra Sari mengatakan, bahwa potensi hujan lebat terjadi menyusul adanya massa udara basah lapisan rendah yang terkonsentrasi di beberapa wilayah seperti Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua. 

Sementara daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang, kuat terdapat di wilayah Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, dan Papua. 

Baca selengkapnya di sini.

3. Hai Manusia, Belajarlah dari Gajah dalam Melawan Kanker

Induk gajah sumatera dan seekor bayinya yang lahir di Convertation Respon Unit.

Kanker menjadi salah satu penyakit mematikan bagi manusia. Dalam upaya melawan kanker, setidaknya manusia perlu berguru pada gajah. 

Tahukah kamu, ternyata gajah memiliki mekanisme unik dalam melawan tumbuhnya kanker. Gajah punya 12 gen khusus pelawan kanker plus tambahan satu gen super pelawan kanker. Sedangkan manusia cuma memiliki satu gen pelawan kanker. 

Studi ilmuwan pada 2015 telah mengetahui gajah memiliki salinan 20 gen TP53 dalam melawan kanker. Gen TP53 tidak hanya khusus dimiliki gajah saja, sebab riset menunjukkan gen tersebut dimiliki oleh sebagian besar binatang. Gen TP53 diketahui menghasilkan protein yang mendeteksi kerusakan sel DNA dan mengirim sinyal perbaikan sel serta memperbaiki sel yang rusak sehingga tidak berkembang menjadi sel kanker. 

Baca selengkapnya di sini.

4. Haji Lulung: Saya Banyak Berkorban untuk Anies Baswedan

Abraham Lunggana alias Haji Lulung

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana atau yang dikenal Haji Lulung buka suara soal di-bully-nya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan oleh netizen.

Lulung menegaskan, ia adalah orang yang bertanggung jawab soal kepemimpinan Anies. Lulung telah mengorbankan jabatannya di PPP.

“Saya ikut bertanggung jawab, karena saya adalah orang yang banyak berkorban, jadinya Anies Baswedan dan Sandiaga. Saya harus mengorbankan jabatan saya ketua DPW PPP. Ketika saya deklarasi waktu itu, pilkada putaran kedua sudah selesai dan dimenangkan Anies-Sandi,” kata Haji Lulung di ILC dengan tema Anies Baswedan di Pusaran Bully, Selasa malam, 13 Agustus 2019.

Baca selengkapnya di sini.

5. Sule Makin Intim dengan Naomi Zaskia, Rizky Febian Ogah Komentar

Sule dan Naomi Zaskia

Pasangan selebriti Sule dan Naomi Zaskia makin sering terlihat mesra. Hubungan keduanya tak lagi ditutup-tutupi. Bahkan, Sule sering memperlihatkan kemesraannya lewat vlog.

Tak jarang, kedekatan mereka jadi sorotan lewat aksi saling balas prank. Ini seolah menunjukkan cara unik mereka menyatakan rasa cinta dan sayang. Tak hanya itu, Sule dan Naomi sesekali memperlihatkan double date dengan anaknya, Rizky Febian.

Ikky, sapaan anaknya Sule, dikabarkan tengah dekat dengan selebgram cantik, Azalia Bianda. Kedua pasangan ini bahkan sempat jalan bareng dan berbagi momen.

Baca selengkapnya di sini.



Baca selengkapnya: https://www.viva.co.id/roundup/1174974-sule-naomi-makin-mesra-haji-lulung-dan-bang-yos-sindir-anies-baswedan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.