VIVA – Banyak cara dilakukan warga Surabaya untuk memeriahkan Pemilu 2019. Ada yang mengusung tema nasionalisme, tapi ada juga yang bergaya kocak.

Di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 005 misalnya, tampak lima superhero menjaga lokasi yang berada di Komplek Perumahan Pondok Benowo Indah, Kelurahan Babat Jerawat, Kecamatan Pakal Surabaya ini.

Sejak Rabu pagi, 17 April 2019, tampak beberapa ‘pahlawan super’, seperti Captain Amerika, Batman, Spiderman, Superman hingga The Flash sudah berada di lokasi. Para ‘superhero‘ dadakan ini sigap mendata pemilih, mengecek logistik hingga mendampingi pemilih berkebutuhan khusus tiba di kotak suara dengan aman.

Kehadiran para ‘superhero‘ di film Marvel itu tak pelak menjadi daya tarik masyarakat sekitar perumahan untuk hadir ke TPS. Tak terkecuali, anak-anak yang ikut ke TPS sekadar menonton sang pahlawan.TPS unik bertema Avengers Endgame

 

“Selain menghibur, tema Avengers Endgame ini sengaja kita lakukan untuk memotivasi kalangan milenial. Khususnya para pemilih pemula, jangan canggung dan ragu untuk menyuarakan hak politiknya,” kata salah satu panitia Andililo di TPS 005, Surabaya, Rabu, 17 April 2019.

Sementara warga di RW 08 Perumahan Rungkut Mapan Barat, juga tampil beda. Mereka  membangun empat TPS dalam satu lokasi dengan tema Bhinneka Tunggal Ika. Para petugas di empat TPS, yaitu TPS-26, TPS-27, TPS-28, dan TPS-29 tampil dengan busana dan ornamen daerah.

Di TPS 26 bernuansa Jawa, TPS 27 dengan bergaya Madura, TPS 28 bertema Tionghoa dan TPS 29 bernuansa Bali. Selain itu, juga disajikan hiburan live music dan doorprize.

“Tujuan dari membangun TPS unik ini sebagai upaya agar tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum 2019 mencapai minimal 80 persen,” kata Ketua RW 08 Perumahan Rungkut Mapan Barat, Wahyu P Kuswanda.

Lain lagi di Bulak Banteng Wetan, di TPS 93, suasana Persebaya dihadirkan. Seluruh petugas menggunakan atribut Persebaya dan Bonek diiringi lagu-lagu khas suporter Persebaya.

“Ini bentuk kecintaan kita kepada Persebaya. Nuansannya hijau-hijau dan lagu-lagu yang diputar juga tentang Persebaya. Jadi, terasa di tribun Gelora Bung Tomo,” ucap Ketua KPPS Ziana Aynul Hidayah.

 



Baca selengkapnya: https://www.viva.co.id/pemilu/politainment/1140710-tps-unik-di-surabaya-dijaga-superhero-avengers-endgame-hingga-bonek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.