VIVA – Berbagai cara dilakukan untuk menarik simpati warga agar datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada pemilihan umum, Rabu, 17 April 2019. Salah satunya membuat suasana TPS menjadi tempat atraksi trail trabas yang menguji adrenalin dan menghibur.

Lokasi pencoblosan model baru itu terdapat di TPS 06 RW 03 Taman Muara Kelurahan Panggung Lor, Kota Semarang, Jawa Tengah. Saat para pemilih masuk ke dalam bilik suara, sejumlah panitia yang berdandan ala pembalap trail trabas nampak melayani dengan ramah.

Di pintu masuk, terpajang berjejer motor trail. Tak ketinggalan, suara motor trail pun terdengar menghibur usai pencoblosan. Ada sekitar 10 motor beratraksi di lahan seluas 10×25 meter yang di sulap menjadi arena trail trabas.

Sugimin, selaku Ketua Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 06, mengatakan, konsep tersebut dipilih karena wilayah tempat tinggalnya sebagian banyak yang suka motor trail. Cara itu juga untuk menghibur warga agar antusias datang menyuarakan hak pilihnya.

TPS 06 Trail Trabas Semarang.

“Ide pendirian TPS unik ini berawal dari warga dan Camat Semarang yang memiliki hobi yang sama, yakni trabas,” ungkap Sugimin.

Adanya konsep trabas ini, diakuinya, antusias warga sekitar cukup meningkat di banding tahun lalu saat Pilgub Jateng 2018. Terbukti dari 259 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan 50 persen sudah mencoblos.

“Dibandingkan tahun kemarin, tahun ini lebih banyak yang datang. Apalagi belum yang daftar pemilih tambahan hampir overload,” katanya. Hal senada di ungkapkan Hariyanto, selaku koordinator motor trail sekaligus pengkonsep tema trail trabas tersebut.

Dengan strategi tema yang di buatnya ini, antusiasme warga meningkat dan bahkan digandrungi para pemilih milenial. “Dengan di dukung pak camat dan kawan-kawan trabas. Antusiasnya naik, jadi bisa mengurangi tingkat golput di Semarang. Khususnya anak muda,” jelas Hariyanto.

TPS 06 Trail Trabas Semarang.

Konsep nyentrik ini di rencanakanya jauh-jauh hari. Bersama Camat, telah diselenggarakan trabas kecil-kecilan di area yang sekarang dijadikan TPS. Bagas, salah satu warga, merasa sangat terhibur saat melakukan pencoblosan di TPS tempat tinggalnya.

Ia datang bersama anak-anaknya untuk mencoblos sekaligus melihat atraksi para bikers trail. Ia sangat mengapresiasi kerja panitia TPS nya untuk menyukseskan pemilu kali ini.

“Selain menunaikan kewajiban sebagai warga negara. Saya juga terhibur, apalagi banyak kalangan yang berbondong-bondong datang kemari. Ini pesta demokrasi yang sesungguhnya,” ujarnya.



Baca selengkapnya: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1140720-uji-adrenalin-nyoblos-di-tps-trail-trabas-semarang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.